Edbert Fernando & James Riady

Edbert Fernando & James Riady
Edo's Graduation from UPH College

Senin, 06 April 2009

Hidup Sehat

Berkenaan dengan Hari Kesehatan Sedunia yang jatuh pada tanggal 7 April, saya mencoba berbagi sedikit tip hidup sehat yang saya baca dan saya dengar dari orang-orang bijak.

Beberapa waktu yang lalu, pada saat saya makan siang, saya membaca suatu pedoman hidup yang tertempel di dinding restoran, berbunyi :
"Kekuatan yang paling menyegarkan jiwa adalah agama yang sehat, tidur, musik dan ketawa.
Percayalah kepada Tuhan.
Belajarlah tidur yang pulas.
Gemarilah musik yang indah.
Lihatlah segi kehidupan yang menyenangkan.
Maka hidup anda akan sehat dan bahagia."

Beberapa hari yang lalu, saat kami diajak makan siang dengan Pak Johan Yoranouw dan team-nya dari KAP Johan Malonda, kami berbicara mengenai cara hidup sehat. Saya mengutarakan hal tersebut di atas kepada Pak Johan. Dengan cepat Pak Johan menanggapinya dengan mengatakan "koq tidak menyebutkan makan, padahal makan kan juga penting." Pernyataan Pak Johan memang benar, bagaimana bisa sehat dan bahagia, kalau kita tidak makan dan minum, tentunya makanan dan minuman yang sehat juga.

Saya menerima beberapa tip hidup sehat yang dikirimkan oleh Pak Johan beberapa hari yang lalu. Dalam pedoman hidup sehat cara Pak Johan, yang cukup penting juga adalah olah raga.

Jadi dua hal yang belum ditambahkan dalam pedoman hidup sehat yang saya baca di dinding restoran itu adalah makan dan minum yang sehat serta olah raga yang teratur. Yang mengherankan adalah di restoran koq tidak ditonjolkan masalah makan sebagai unsur penting dalam hidup.

Dari setiap unsur di atas, masing-masing memegang peranan yang sama pentingnya. Kita tidak dapat menghilangkan salah satu unsur, misalnya musik atau ketawa. Mungkin orang akan mengatakan bagaimana disuruh ketawa, kalau kita sedang sedih, bagaimana kita bisa menikmati musik yang indah, kalau kita tidak lagi mood. Kita boleh sedih, kecewa, kita juga boleh marah akan tetapi jangan lama-lama bersedih, kecewa jangan sampai frustasi justru harus cepat bangkit kembali, marah juga jangan terus menerus, emosi juga harus dapat kita kendalikan.

Mari kita berpikir lebih positif agar hidup ini menjadi lebih sehat dan menyenangkan !!!

Tidak ada komentar: